Mesjid Kubah Mas

Ini rekaman kamera saat di Mesjid Kubah Mas. Mesjid Kubah Mas adalah salah satu mesjid yang saat ini banyak dikunjungi yang terletak di Cinere, Depok dan satu-satunya mesjid yang berkubah emas di Indonesia saat ini. Para pengunjung tidak hanya dari Indonesia saja namun ada juga yang datang dari luar negeri. Mereka semua ingin melihat keindahan mesjid ini.Mesjid ini dibangun oleh ibu Hj.Dian Al-Mahri dengan uang pribadinya. Kubah mesjid dan beberapa interior/eksterior lainnya dilapisi dengan emas. Di kawasan ini juga tersedia mess/tempat penginapan, aula tempat istirahat,toko souvenir,dan rumah ibu Dian juga dibangun di dalam kawasan mesjid ini. Arealnya sangat luas, dari pintu masuk ke mesjid aja jaraknya lebih 100 meter.

Dengan luas kawasan 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah. Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.

Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah. Satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Uniknya, seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu di dalam masjid ini terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton.

Selain itu, relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.

Secara umum, arsitektur masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya. Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen.

0 thoughts on “Mesjid Kubah Mas

  1. pgenlah Ke mSJib SEmGAH ITu,,,,,,,,,,,,,,,,
    kpan lGI KTa liHAt rmah ALLaH SMEWAH iNe…………
    KPAN ya Kra2 sYa BSa pG,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published.