Gara-Gara Seekor Lalat bisa masuk ke Surga ataupun ke Neraka.

Belajar dari Seekor Lalat

Dari Thariq bin Syihab, bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Ada seseorang yang masuk surga karena seekor lalat, dan ada pula yang masuk neraka.”

Kemudian para sahabat bertanya: “Bagaimana bisa begitu, ya Rasulullah?“

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab: “Ada dua orang berjalan melewati satu kaum di mana mereka memiliki berhala yang tak seorangpun dibiarkan berlalu sebelum mempersembahkan sesuatu (sesaji) bagi berhala tersebut.

Dan berkatalah mereka kepada salah seorang dari kedua orang tersebut : “Persembahkanlah bagi berhala itu walaupun dengan seekor lalat! Maka orang pertama ini mempersembahkan seekor lalat sehingga diperkenankan meneruskan perjalanannya, dan masuklah ia ke dalam neraka (-gara-gara perbuatan tersebut-).

Kemudian mereka berkata kepada orang kedua : Persembahkanlah sesuatu ! Maka orang kedua ini menjawab : Tidak patut aku mempersembahkan sesuatu kecuali kepada ALLAH saja. Maka mereka memenggal lehernya, dan masuklah ia ke dalam surga (-gara-gara perbuatan tersebut-).” (HR; Ahmad)

Ya, seekor lalat ternyata bisa menjadi gara-gara masuknya seorang hamba ALLAH ke dalam surga, juga ke dalam neraka. Dan sungguh tidaklah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berdusta atau sekedar menakut-nakuti kita dengan cerita di atas. Apa yang Beliau Shallallahu alaihi wa sallam sampaikan tidak lain di bawah bimbingan wahyu, dan cerita di atas benar-benar terjadi.

Dan apa yang dapat kita pelajari dari kisah di atas adalah, betapapun tampak tak berartinya sebuah perbuatan, jika sudah menyangkut Hak ALLAH, maka ia menjadi urusan yang sangat besar. Karena hanya ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa sajalah Yang berhaq untuk diibadahi. Dan bukankah kita diciptakan tidak lain agar beribadah kepada ALLAH Subhaanahu wa ta’alaa semata???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *