Apa itu Rekam Medis?

Menurut standar pelayanan kedokteran di tempat praktek maupun di Rumah Sakit, dokter membuat catatan mengenai berbagai informasi mengenai pasien dalam suatu berkas yang dikenal sebagai Status, Rekam Medis, Rekam Kesehatan atau Medical Record. Berkas ini merupakan suatu berkas yang memiliki arti penting bagi pasien, dokter, tenaga kesehatan serta Rumah Sakit.

Rekam Medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen mengenai identitas pasien, hasil pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lainnya yang diterima pasien pada sarana kesebatan, baik rawat jalan maupun rawat inap.

Rekam medis tersebut dibagi menjadi dua, yaitu berkas dan isinya. Berkasnya adalah milik penyelenggara pelayanan kesehatan, sedangkan isinya milik pasien. Berkaitan dengan berkasnya, maka rumah sakit wajib menjaga kerahasiaan berkas rekam medis tersebut. Di antara upaya perundang-undangan yang dilakukan oleh rumah sakit untuk menjaganya adalah dengan menyimpan di tempat penyimpanan khusus dan hanya boleh dibuka oleh orang-orang tertentu.Di antara tenaga kesehatan yang boleh membuka rekam medis sesuai dengan peraturan pemerintah adalah dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga paramedis perawatan serta tenaga paramedis non perawatan yang terlibat langsung dalam pelayanan-pelayanan kepada pasien di rumah sakit. Oleh karena itu, berkas rekam medis adalah milik sarana kesehatan yang tidak boleh keluar dari tempat tersebut. Maka pasien tidak boleh membawa pulang berkas asli rekam medisnya, kecuali foto copy-anya bila ingin digunakan untuk keperluan pribadinya, seperti untuk melihat riwayat penyakitnya.

MANFAAT REKAM MEDISAdministrative value: Rekam Medis merupakan rekaman data adminitratif pelayanan kesehatan.

Legal value: Rekam Medis dapat.dijadikan bahan pembuktian di pengadilan.

Financial value: Rekam Medis dapat dijadikan dasar untuk perincian biaya pelayanan kesehatan yang harus dibayar oleh pasien

Research value: Data Rekam Medis dapat dijadikan bahan untuk penelitian dalam lapangan kedokteran, keperawatan dan kesehatan.

Education value: Data-data dalam Rekam Medis dapat menjadi bahan pengajaran dan pendidikan mahasiswa kedokteran, keperawatan serta tenaga kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.