Balasan Untuk Si Monyet 🐒

Monyet bersahabat baik dengan Penyu. Mereka selalu pergi bersama. Namun sayang, monyet pelit dan rakus. Sifat ini sangat tidak disukai Penyu. Monyet, aku sudah tidak punya makanan lagi. tolong berilah aku pisangmu satu saja,” kata si Penyu memohon.

“Tidak, Penyu. Makananku juga sudah habis. Apa yang akan aku makan besok?” jawab Monyet.

Penyu sedih mendengar jawaban Monyet. Ia pun pulang ke rumah, meninggalkan Monyet yang sedang makan pisang sendirian. Di jalan, ia bertemu Kancil dan Kupu-kupu.

“Hei. Penyu, mengapa kamu terlihat murung?” tanya Kupu-kupu. “Aku kelaparan. Teman-teman.” jawab Penyu. “Kasihan sekali. Bukankah Monyet baru saja memanen pisang. Mengapa kamu tak pergi memintanya?” tanya Kancil. Penyu menggeleng “la tidak memberiku.”
“Ya sudah, ayo ke rumahku. Aku punya buah-buahan untuk kamu makan.” kata Kancil. Sesampainya. Penyu makan dengan lahap. Setelah itu, mereka berunding untuk membuat jera si monyet. Lalu,mereka membuat sampan dari batang pohon Sampan itu diberi lubang di dasarnya.

Pada hari yang ditentukan. Penyu datang menemui Monyet. “Hei Monyet temanku memiliki pohon pisang yang sangat banyak di hutan sebrang sungai. Ayo kita ke sana untuk makan pisang.” Karena serakah. Monyet mau pergi bersama Penyu. Padahal, Monyet tidak bisa berenang. Kancil dan Kupu-kupu ikut di sampan.

Ketika sampai di tengah sungai. Kancil membuka sumbatan di dasar sampan. Seketika, air masuk ke dalam sampan. Monyet panik. Dengan sigap. Kupu-kupu terbang. Penyu menceburkan diri ke dalam air, disusul Kancil yang berpegangan pada tubuh Penyu. “Tolong aku. Teman-teman!” teriak Monyet. “Itulah akibatnya jika kamu bersikap serakah. Monyet!” teriak Kupu-kupu.

Setelah beberapa waktu, Penyu kasihan dengan nasib Monyet. Ia berenang dan menolongnya. “Terimakasih Penyu. Maafkan aku karena selama ini serakah. Aku berjanji akan mengubah sikapku ini.” kata Monyet. Monyet menepati janjinya kepada Penyu. Mereka pun menjadi sahabat yang lebih akrab dari sebelumnya.

Sumber : Anak Cerdas, CV. Anak Teladan, Tangerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.