Tiga Bank Syariah Merger Ke BSI, Bagaimana Nasib Dana Nasabah?

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) resmi berdiri. Peresmian bank ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada tanggal 01 Februari 2021. “Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, PT Bank Syariah Indonesia Tbk saya nyatakan diluncurkan, berdirinya,” kata Jokowi saat meresmikan berdirinya BSI.

BSI merupakan gabungan dari tiga bank syariah BUMN. Ketiga bank yang dimaksud adalah PT Bank BRIsyariah Tbk., PT. Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah.

Penggabungan (merger) tiga bank syariah BUMN yakni BRI Syariah (BRIS) Tbk, PT Bank Syariah Mandiri (BSM), dan PT Bank BNI Syariah (BNIS) menjadi PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) menyisakan pertanyaan di kalangan nasabah, salah satunya nasib layanan dan produk untuk nasabah ketiga bank BUMN Syariah tersebut?

Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi memastikan pihaknya akan melakukan migrasi rekening nasabah dengan prinsip kehati-hatian dan keamanan demi terjaganya dana dan data nasabah.

Usai diresmikan dengan nama baru, BSI masih harus melalui beberapa tahapan hingga kemudian terintegrasi secara keseluruhan. Salah satunya terkait migrasi dana nasabah.

BSI pastikan dalam proses peralihan ini kenyamanan Anda akan menjadi prioritas dan seluruh dana serta data Anda tetap aman terjaga dan dijamin sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Mengutip situs resmi PT Bank BRISyariah Tbk selaku bank yang menerima penggabungan (survivor entity), dijelaskan dana nasabah akan terjamin aman usai proses merger tersebut

Dini Evriliany Area Operation & Service Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Palembang mengatakan, nasabah yang sebelumnya membuka rekening di tiga bank yang telah merger tersebut diimbau segera memindahkan dananya ke BSI, kecuali nasabah BSM.

Untuk nasabah BSM tetap bisa melakukan transaksi di BSI, sedangkan untuk nasabah BNIS dan BRIS kami harap segera memindahkan dananya ke BSI apabila cabang BNIS dan BRIS tempat nasabah membuka rekening tersebut sudah roll out secara sistem,” katanya.

Dini melanjutkan, untuk informasi pemindahan dana ke BSI, nasabah BNIS dan BRIS bisa menghubungi media sosial maupun website BSI.

“Untuk konfirmasi lebih lanjut silahkan hubungi media sosial maupun website BSI, namanya Bank Syariah Indonesia. Dengan informasi ini kita harapkan nantinya tidak ada kesalahpahaman antara nasabah dan pihak Bank, dan juga nasabah terhindar dari penipuan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Manager BSI Area Palembang Kantor Cabang Demang Lebar Daun, Luthfi Bukhari mengatakan pihaknya akan semakin gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait keberadaan BSI, sebab pasar perbankan syariah di Kota Palembang yang dinilai masih relatif kecil.

Sumber :

https://www.sonora.id/read/422575433/usai-merger-menjadi-bsi-nasabah-bnis-dan-bris-diimbau-pindahkan-dana

https://finance.detik.com/moneter/d-5359011/nasib-dana-nasabah-bank-syariah-bumn-usai-merger-ke-bsi

https://finance.detik.com/moneter/d-5357864/bagaimana-nasib-dana-nasabah-bank-syariah-bumn-usai-merger

Leave a Reply

Your email address will not be published.