Contoh Pidato Bahasa Inggris, Judul ” Kewajiban Menuntut Ilmu”

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh…
Alhamdulillahirrabbil ‘alamin washalatu washalamuayrafill….

First of all, let’s pray and thank unto our god Allah SWT, the lord of this world who has been giving us mercies and blessings that we cannot count so we can attend and gather in this unforgettable place in good condition and happy situation.

Secondly, may sholawat and salam always be with our best prophet Muhammad SAW, who has guided us to know and do the right thing to live in this world namely Islam, the religion which guides mercy to all worlds.


The Honorable….my headmaster, my teachers and all staf, MC, the juries, my beloved friends and all the audiences.

Then, I’d like to say thank you very much to the MC , who has given me this opportunity to deliver my short speech on the tittle : “the obligation requires knowledge”.

Dear the audience,
In Al-Qur’an or in hadith, science and knowledge takes the highest place then others. Even Allah is known as Al-alim who knows all of thing. A well-known moeslem poet stated that the strength of one nation depends on its knowledge and science. Nowadays, the strength doesn’t depend on the strength of our body or property anymore, but it has already putted on science. The slaves who take the highest rank in the view of Allah are those who have good knowledge.

Now let’s talk about education, as we know that in our religion, Allah commands us to study as much as possible. For beginning, we can see that in the holy Qur’an surah al-alaq verse 1 which has meaning “read it”.
This verse showed us how important the uducation is, because read is the basic of study. By reading, we can learn about so many things in our life. Even louse Braille creates Braille to help blind people read.

Nowadays, there are so many ways to learn about things. We are really helped by technology. Besides book, news paper, magazine, and television, now we have internet, we can search any information using this facility. As young generation,of course, we have a lot of dream and ambitions to achieve. But we need facility to make it happen. We are lucky because the government has made program for education that we know as “school operation fund”. This program not just releases us from the high of school cost. It also gives us scholarship.
the government has made so many regulations to show their concern on education.

Inside the law about national education system chapter 5 verse 1 states that: “Every citizen has same right to get quality education”.

Islam also doesn’t regard gender in seeking knowledge. All moeslem, either men or women, have been given same change to study and improve their knowledge. Hence, the potential Allah has given to us can be improved to stated of completeness hoped by every people as rasulullah saw says:

طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة
“both of them have a similar tendency to invite us to understand that education is something what must get a really serious from us, no matter male or female.

Ladies and gentlemen
Every year, we celebrated the kartini’s day. Kartini is one of amazing and inspiring figure for woman. She showed us no matter what, education must go on. In the middle of colonization and limitation of everything, she still studies. And now, the freedom and emancipation that every woman feels is because of kartini.

Another chapter from the holy Qur’an is in surah al-mujadalah verse 11:

“Allah will raise the rank of person with knowledge and faithful one”.
We can see the evidence of this revelation direcly inside our life. The leaders of company or leader of a nation are all the smart people.

Knowledge can lead us to find out what have never been known before. With good knowledge, our nation will be esteemed by other nation. So, the decision is in our hands. The future of a nation depends on its young generation.

Wise man says: “hang your ambition as high as the sky”. Start it with dreams, then fight to achieve them. Because the poorest people are those who do not have a dream.

That’s all from my speech. I hope it could inspire and motivate us as a young generation to study and seek knowledge seriously.
Thank you very much for your attention.

هدانا الله وإياكم أجمعين
Wassamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terjemahan dalam bahasa Indonesia : Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah memberikan rahmat dan karunia yang tidak terhitung banyaknya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di tempat yang tak terlupakan ini dalam keadaan baik dan bahagia.

Kedua, semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membimbing kita untuk mengetahui dan melakukan hal yang benar untuk hidup di dunia ini yaitu Islam, agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam.

Yang Terhormat….Kepala Sekolahku, Guru-guruku dan seluruh staf, MC, dewan juri, sahabat-sahabatku tercinta dan semua hadirin.

Kemudian, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada MC yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat saya yang berjudul “Kewajiban menuntut ilmu”.

Hadirin yang terhormat,
Dalam Al-Qur’an atau hadits, ilmu pengetahuan dan ilmu menempati tempat tertinggi dari yang lain. Bahkan Allah dikenal sebagai Al-alim yang mengetahui segala sesuatu. Seorang penyair muslim terkenal menyatakan bahwa kekuatan suatu bangsa tergantung pada ilmu dan ilmunya. Saat ini, kekuatan tidak lagi bergantung pada kekuatan tubuh atau harta kita, tetapi sudah menggunakan ilmu pengetahuan. Hamba yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah adalah yang memiliki ilmu yang baik.

Sekarang mari kita bicara tentang pendidikan, seperti yang kita ketahui bahwa dalam agama kita, Allah memerintahkan kita untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Sebagai permulaan, kita dapat melihat bahwa dalam Al-Qur’an surah al-alaq ayat 1 yang artinya “bacalah”.
Ayat ini menunjukkan kepada kita betapa pentingnya pendidikan, karena membaca adalah dasar dari menuntut ilmu. Dengan membaca, kita bisa belajar tentang banyak hal dalam hidup kita. Bahkan Louse Braille menciptakan Braille untuk membantu orang buta membaca.

Saat ini, ada begitu banyak cara untuk belajar tentang sesuatu. Kami sangat terbantu dengan teknologi. Selain buku, surat kabar, majalah, dan televisi, sekarang dengan adanya internet, kita dapat mencari informasi apapun dengan menggunakan fasilitas ini. Sebagai generasi muda, tentunya kita memiliki banyak mimpi dan cita-cita yang ingin dicapai. Tapi kita butuh fasilitas untuk mewujudkannya. Kita beruntung karena pemerintah telah membuat program untuk pendidikan yang kita kenal sebagai “dana operasional sekolah”. Program ini tidak hanya membebaskan kita dari mahalnya biaya sekolah. Itu juga memberi kami beasiswa.
pemerintah telah membuat begitu banyak peraturan untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap pendidikan.

Di dalam undang-undang tentang sistem pendidikan nasional pasal 5 ayat 1 disebutkan bahwa: “Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”.

Islam juga tidak memandang gender dalam mencari ilmu. Semua umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan, telah diberi kesempatan yang sama untuk menuntut ilmu dan meningkatkan ilmunya. Sehingga potensi yang Allah berikan kepada kita dapat ditingkatkan menjadi kesempurnaan yang diharapkan oleh setiap umat sebagaimana sabda rasulullah SAW:
…,……………………………………….

keduanya memiliki kecenderungan yang sama untuk mengajak kita memahami bahwa pendidikan adalah sesuatu yang harus benar-benar serius dari kita, tidak peduli laki-laki atau perempuan.

Wanita dan pria
Setiap tahun, kami merayakan hari kartini. Kartini adalah salah satu sosok wanita yang luar biasa dan inspiratif. Dia menunjukkan kepada kita apa pun yang terjadi, pendidikan harus terus berjalan. Di tengah penjajahan dan keterbatasan segalanya, ia tetap belajar. Dan kini, kebebasan dan emansipasi yang dirasakan setiap wanita adalah karena kartini.

Surat lain dari Al-Qur’an adalah dalam surah al-mujadillah ayat 11:

“Allah akan meninggikan derajat orang yang berilmu dan beriman”.
Bukti dari wahyu ini dapat kita lihat langsung di dalam hidup kita. Para pemimpin perusahaan atau pemimpin suatu bangsa semuanya adalah orang-orang pintar.

Pengetahuan dapat menuntun kita untuk menemukan apa yang belum pernah diketahui sebelumnya. Dengan ilmu yang baik, bangsa kita akan dihargai oleh bangsa lain. Jadi, keputusan ada di tangan kita. Masa depan suatu bangsa tergantung pada generasi mudanya.

Orang bijak berkata: “gantungkan ambisimu setinggi langit”. Mulailah dengan mimpi, kemudian berjuang untuk mencapainya. Karena orang yang paling miskin adalah mereka yang tidak punya mimpi.

Itu saja dari pidato saya. Semoga bisa menginspirasi dan memotivasi kita sebagai generasi muda untuk belajar dan mencari ilmu dengan sungguh-sungguh.
Terima kasih banyak atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *