Keberkahan Bacaan Basmalah

Para pembaca yang dirahmati Allah kita kali ini akan membahas keutamaan dan keberkahan bacaan basmalah. Bacaan basmalah, kalimat yang sangat singkat dan ringan ini ternyata memiliki banyak keberkahan.

Setiap surat dalam al-Qur’an kecuali surat at-Taubah diawali dengan basmalah. Dengan basmalah pula Nabi Sulaiman a.s mengawali surat dakwahnya kepada Ratu Bilqis, dan dengan basmalah pula Rasulullah SAW mengawali surat-suratnya kepada para raja, surat yang berisi ajakan untuk masuk ke dalam agama Islam.

Bunyi Bacaan Basmalah

Insya Allah kita semua tahu bunyi bacaan basmalah, cuma yang ingin kami sampaikan disini adalah apakah bacaan basmalah harus dibaca sempurna ” Bismillahirrahmanirrahim” atau cukup “Bismillah” saja.

Maka jawabannya, bahwasanya dzikir itu tauqifiyyah (harus berdasarkan dalil) karena dzikir adalah ibadah, dan bacaan basmalah termasuk dzikir maka bacaan basmalah dibaca sempurna , بسم الله الرحمن الرحيم

Ini apabila dalilnya memerintahkan dibaca sempurna seperti ketika membaca awal surat dalam al Qur’an atau ketika menulis surat.

Bacaan basmalah terkadang mencukupkan dengan “Bismillah” seperti ketika akan berwudzu, ketika akan makan, ketika akan masuk rumah dan lain lain yang insyallah akan kita sebutkan dengan detail pada penjelasan dibawah nanti.

Arti bismillah dengan menyebut nama Allah, maksudnya mengambil keberkahan dengan nama Allah, dan meminta pertolongan kepada Allah dalam setiap perbuatan kita.

Khasiat dan Keberkahan Bacaan Basmalah

1.Membaca basmalah sebelum masuk rumah akan menjauhkan rumah dari setan

Bisa jadi ketika kita bermalam setan ikut bermalam dirumah kita, namun dengan seorang membaca basmalah maka setan tidak mampu ikut masuk dan bermalam dirumah kita.

Rasulullah SAW bersabda:
“Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah (baca basmallah) saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan. Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan-pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim 2018)

2.Membaca basmalah sebelum makan setan tidak bisa ikut makan

Terkadang ada seorang yang makan banyak namun tidak kenyang kenyang. barangkali salah satu penyebabnya ada lah setan ikut makan bersamanya. Maka Rasulullah menyuruh kita sebelum makan dan minum untuk baca basmalah bahkan seandainya kita lupa membaca basmalah diawal kita di anjurkan untuk membaca doa

بسم الله أوله وآخره

Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (Shahih targhib wa tarhib 2107)

Ini semua menunjukkan pentingnya dan ada keberkahan bacaan basmalah sebelum makan atau minum.

3.Membaca basmalah sebelum hubungan suami istri kelak anaknya akan dijauhkan dari setan

Begitu sempurnanya syariat Islam sampai masalah ranjang pun ada aturan dan etikanya, di antaranya bagi seorang suami ketika akan mendatangi istrinya dianjurkan untuk membaca doa yang di dalamnya diawali bacaan basmalah dan dengan keberkahan bacaan tersebut setan tidak bisa mengganggunya. Hal ini berdasarkan hadits Nabi SAW :
“Seandainya salah seorang dari kalian hendak menggauli istrinya ia membaca: Bismillah allahumma janibnasy syaithaa na wa janibisy syaithaana maa razaqtanaa (dengan menyebut nama Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau anugrahkan kepada kami), maka jika Allah menakdirkan lahir nya anak maka anak itu tidak akan diganggu oleh setan selamanya.” (HR. Bukhari: 6388, Muslim: 1434)

4.Membaca basmalah sebelum melepas pakaian akan menutupi pandangan setan dari melihat aurat kita

Kita semua tidak mau dan malu apa bila aurat kita terlihat oleh orang lain, tapi tahukah anda bahwa setan dari bangsa jin bisa saja melihat aurat kita tanpa kita sadari. Ya ketika kita melepas pakaian kita jin mampu melihat aurat kita kecuali apabila kita membaca basmalah, ya, cukup bismillah. Saat itu maka pandangan jin tertutup untuk melihat kita. Perhatikan sabda Rasulullah SAW :

“Penghalang antara mata jin dengan aurat bani Adam, apabila kalian masuk kamar kecil, ucapkanlah bismillah.” (HR. Tirmudzi 606 dan dishahihkan al-Albani)

5. Bacaan basmalah sebelum bersuci

Tidak ada bacaan-bacaan yang shahih dari Nabi sebelum berwudhu kecuali bacaan basmalah. Rasulullah bersabda

لا وضوء لمن لم يذكر اسم الله تعالى عليه

“Tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah (membaca basmalah).” (HR. Abu Daud 101 dan dishahihkan al-Albani).

Hadits ini berbicara tentang wudhu, namun ulama mengqiyaskannya un tuk mandi besar dan tayamum, karena semuanya adalah kegiatan bersuci.

6.Bacaan basmalah sebelum menyembelih menjadi syarat halalnya daging sembelihan
Sebagaimana yang Allah firmankan

Di antara keberkahan basmalah, orang yang menyembelih binatang dengan menyebut basmalah, hewan sembelihannya bisa menjadi halal. Sebalik nya, orang yang menyembelih binatang tanpa mengucapkan basmalah, baik disengaja maupun lupa, sembelihannya batal, dan hewan itu tidak boleh dimakan. Allah berfirman,

ولا تأكلوا مما لم يذكر اسم الله عليه وإنه لفسق

“Janganlah kalian makan (hewan) yang tidak disebutkan nama Allah ketika menyembelihnya. Itu sesuatu yang fasik (tidak halal).” (QS. al-An’am: 121).

7.Membaca basmalah sebelum baca al-Qur’an

Apakah seorang dianjurkan membaca basmalah sebelum baca al-Qur’an? Maka jawabnya jika dia akan membaca awal surat maka dia membaca basmalah secara sempurna

بسم الله الرحمن الرحيم

Namun apabila dia membacanya bukan dari awal surat maka tidak membaca basmalah namun cukup baginya membaca ta’awudz.

فاذا قرأت القرآن فاستعذ بالله من الشيطن الرجيم

Maka apabila engkau hendak membaca Al-Qur’an, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk

8.Ketika chat di media sosial apakah memulai dengan salam atau basmalah?

Wallahu a’lam, kaidah dalam hal ini adalah apabila chat tersebut bersifat obrolan (sapaan atau tanya kabar) maka yang lebih afdhol adalah memulai dengan salam namun apabila chat tersebut bersifat tulisan resmi atau undangan maka yang lebih afdhol adalah dengan basmalah sebagaimana perbuatan Nabi ketika menulis surat kepada para raja untuk masuk islam. dan itu ditulis secara sempurna yaitu ‘Bismillahirrahmanirrahim’ bukan disingkat ‘Bismillah’ karena itu yang termaktub dalam hadits (lihat hadits bukhari no 7)

Wallahu a’lam

Oleh. Ustadz Abu Haitsam Iqbal

Leave a Reply

Your email address will not be published.