Masjid At Taqwa Muhammadiyah Sigli, Setiap Hari Gelar Ifthar Jama’i

SIGLI – Ifthar jama’i atau buka puasa bersama di masjid menjadi sebuah tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari daerah Islam di Indonesia dan salah satunya di Masjid At Taqwa Muhammadiyah Sigli.

“Kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap harinya dan bahkan setiap tahunnya di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, kecuali saat Pandemi Covid-19 sedang memuncak tahun 2020 lalu ,” ungkap Mirzal Tawi, M.K.M, Wakil Ketua Takmir Masjid At Taqwa Muhammadiyah Sigli.

Masjid yang berada di jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh, tepatnya didepan RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli ini tidak hanya menyediakan takjil dan minuman gratis, namun juga menyediakan nasi beserta lauk pauk untuk para jamaah yang datang ke Masjid untuk berbuka.

Sejak pukul 17.30 wib, ada petugas khusus takmir Masjid sudah mulai terlihat sibuk menyapu dan mengepel lantai, mempersiapkan tempat dan menata hidangan berbuka di serambi atau beranda Masjid yang nantinya digunakan para jamaah untuk tempat berbuka.

Mirzal Tawi mengatakan setiap hari persiapannya lebih kurang akan sama hingga akhir Ramadan. “Kurang lebihnya seperti ini persiapan kami, membersihkan serambi masjid, menggelar aneka hidangan takjil, membagikan nasi dan membereskan serta membersihkan kembali setelah selesai berbuka,’ ungkap Mirzal Tawi sambil tersenyum.

“Insya Allah setiap harinya ada sekitar 70-80 orang yang berbuka puasa, termasuk penghafal Al-Qur’an peserta Program Daurah Tahfidzul Qur’an yang sedang berlangsung di Masjid ini dan ada juga musafir dibolehkan untuk singgah ikut berbuka puasa disini ,” ucapnya kepada media ini, Minggu (10/4/2022).

Ridwan sering dipanggil Bang Wan Gas, salah seorang jama’ah mengungkapkan bahwa sangat senang berbuka puasa di masjid At Taqwa Muhammadiyah Sigli.

“Alhamdulillah, kita bergembira berbuka puasa bersama , saling berbaur tanpa perbedaan, tidak ada beda pejabat dan rakyat biasa, semua sama-sama duduk di lesehan menikmati hidangan berbuka, rumah saya lumayan jauh, namun hampir saban hari saya berbuka puasa di masjid At Taqwa Muhammadiyah Sigli ,” papar Bang Wan

Bagi masyarakat yang ingin bersedekah makanan sambungnya, silahkan menghubungi takmir atau BKM Masjid At Taqwa Muhammadiyah Sigli

“Aneka takjil dan nasi yang disediakan di Masjid At Taqwa Muhammadiyah Sigli ini merupakan hasil sedekah atau donasi dari para jama’ah masjid dan para Muhsinin. Mari semarakkan Ramadhan dengan ibadah spesial ini, sambil bersilaturrahmi, dan mengejar pahala yang melimpah,” ajak Mirzal Tawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.