RSUD dr. Fauziah Bireuen Peringati Hari Jantung Sedunia

Peringatan Hari Jantung Sedunia Tahun 2023 di RSUD dr. Fauziah Bireuen

Salah satu diisi dengan kegiatan Inhouse Training Bantuan Hidup Dasar (BHD)

Hari Jantung Sedunia 2023 mengusung tema “Use Heart, Know Heart” yang berarti “Gunakan Hati, Kenali Hati”. Sebuah seruan peringatan kepada semua orang di seluruh dunia untuk menjaga jantung mereka.

Tema tersebut menekankan pada proses krusial mengenal jantung diri sendiri terlebih dahulu. Karena seseorang hanya bisa mencintai dan melindungi apa yang mereka sadari.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI mengusung tema nasional “Kenali Jantung Sehatmu, Sayangi Jantungmu”. Tema ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit jantung yang dimulai dari diri sendiri, keluarga serta masyarakat. Warga juga diharapkan terus menerapkan perilaku cerdik bagi mereka yang sehat dan patuh bagi para penyandang penyakit jantung.

Ide untuk mengadakan Hari Jantung Sedunia diperkenalkan oleh Antoni Baie de Luna, mantan presiden Federasi Kesehatan Dunia. Berdasarkan idenya bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia, Hari Jantung Sedunia ditetapkan pada tahun 1999.

Dunia menyaksikan perayaan Hari Jantung Sedunia yang pertama pada 24 September 2000. Hingga tahun 2011, hari tersebut melanjutkan misinya untuk menciptakan kesadaran tentang pengelolaan penyakit kardiovaskular pada hari Minggu, terakhir bulan September.

Pada 2012 dengan gagasan untuk mengurangi angka kematian global akibat penyakit tidak menular sebesar 25%. Kemudian pada 2015, para pemimpin global berkumpul dan mendesak dunia untuk berpartisipasi aktif dalam tujuan ini dan pada tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia.

Lebih dari 90 negara berpartisipasi aktif pada hari tersebut untuk menyelenggarakan kampanye demi meningkatkan kesadaran dan mendidik masyarakat tentang kesehatan kardiovaskular.

Tindakan Pencegahan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1. Menjaga indeks massa tubuh tetap terkendali (BMI), Kisaran BMI – Berat badan kurang = <18,5, Berat badan normal = 18,5 - 24,9, Kegemukan = 25 - 29,9, Obesitas = 30 atau lebih 2. Mengawasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan Kadar Kolesterol Tinggi(Hiperlipidemia) 3.;Membatasi konsumsi natrium berlebih - risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) 4.;Memahami tanda & gejala awal dan mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari komplikasi 5.Menghindari gaya hidup sedentary, memilih gaya hidup aktif dengan melakukan aktivitas fisik 6.Memantau kesehatan jantung melalui program konsultasi dan kesadaran 7.Makan makanan yang sehat dan seimbang, hindari lemak trans dan junk food 8. Hindari merokok & konsumsi alkohol 9.Belajar mengelola stres & mendapatkan tidur yang berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *